Ulasan 1 - Intellectual Property

URL Konten: https://youtu.be/EQsZf2G4Sdc
Judul: Intellectual Property
Pengarang: DurhamUniversity
Durasi: 05 menit 51 detik

Intellectual property (Hak atas Kekayaan Intelektual/HAKI/IP) merupakan istilah yang sangat penting. Sudah menjadi hakikat bahwa manusia dapat menciptakan sesuatu, dan IP merupakan sebuah langkah legal untuk melindungi apa yang seseorang ciptakan. Orang-orang hebat seperti Bill Gates dan Marc Zuckerberg dengan ide-ide hebatnya tentu saja sangat terbantu dengan adanya IP demi melindungi ide-ide mereka.

IP memiliki 4 kategori, yaitu trademarks, copyrights, patents, dan design rights. Trademarks merupakan simbol dari asal sebuah produk atau jasa yang harus bisa ditampilkan secara grafis, seperti logo Nike, nada Intel, dan jingle Telkomsel. Copyrights merupakan bentuk perlindungan bagi barang-barang yang diciptakan dengan kontribusi skill dari pembuatnya dan dapat diduplikat, seperti buku, makalah, film, musik, dan gambar. Patents merupakan bentuk perlindungan terhadap sesuatu yang sifatnya baru, bersifat inventif, dan diaplikasikan pada level industri, contohnya cara pembuatan karton pembungkus susu. Design rights melindungi apa saja yang terlihat pada sebuah produk seperti bentuk dan warnanya, contoh tampilan sepatu crocs.

Konten ini mengajarkan pada kita bahwa IP merupakan sesuatu yang sangat penting. IP melindungi ide-ide cemerlang yang kita punya saat kita hendak merealisasikannya, karena buat apa kita punya ide cemerlang jika pada akhirnya ide kita dicuri oleh orang lain? Meskipun pengetahuan tentang IP cukup kompleks, tapi video ini menyampaikannya dengan singkat, padat, dan jelas sehingga kita paham dengan baik, ditambah dengan tampilan dan efek-efek pada video ini yang membuat video ini sangat menarik untuk ditonton.

GITHUB Account: JValdamer
URL Ulasan: http://jvaldamer.blogspot.co.id/2017/04/ulasan-1-intellectual-property.html
URL Video: https://youtu.be/EQsZf2G4Sdc
Video Author: DurhamUniversity
Pemetaan: week01
Revisi Pertama: 30 April 2017
Revisi Terakhir: 30 April 2017


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ulasan 2 - Encryption

RANKING03

REBOOT FC PRINTING EXPRESS - COMPANY PROFILE